Ingat, materi kuliah ini buatan teman saya dan jika anda menjiplak / mengubah / mengutipnya mohon mencantumkan nama pembuat aslinya : Antonius Rachmat C.
Tujuan mata kuliah Algoritma dan Struktur Data :
Mahasiswa mampu memahami logika berpikir komputer, memahami prinsip kerja program, memahami alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, dan mampu menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) .
Perkenalan
Pengantar Algoritma dan Pemrograman
- Apa itu algoritma
- Kegunaan dan contoh
- Apa yang akan dipelajari selama kuliah
Flowchart dan Bahasa Pemrograman
- Flowchart
- Bahasa Pemrograman 3 GL dan Contohnya
- Mengenal C++ dan C#
Tipe Data, Keyword, Operator dan Kondisi (Percabangan)
- Tipe Data dan keyword
- Operator dan Derajatnya
- IF tunggal, bertingkat
- Multiple Conditions
- Switch Case
- Contoh-contoh dan latihan!
Perulangan (looping)
- For, While, DoWhile
- Break dan Continue
- Nested Loop
- Contoh kasus dan latihan!
Array 1 : Array 1 dimensi dan operasinya
- Definisi dan deklarasi
- Kegunaan, sifat-sifat Array 1 dimensi
- Contoh-contoh : add, search, edit, delete
Array 2 dimensi dan Manipulasi String
- Apa itu String
- Berbagai hal menarik tentang String
Prosedur dan Fungsi
- Procedure (void)
- Function (non-void)
- Parameter: formal dan aktual
- Latihan
ADT (Abstract Data Type) dan Stack dengan Array
- Definisi dan Deklarasi
- Kegunaan, sifat-sifat
- Contoh-contoh
- Stack dan kegunaanya
Struktur Data Antrian dengan Array
- Pengertian Antrian dan sifatnya
- Deklarasi
- Contoh penggunaan
Sorting dan Searching Array
- Bubble Sort
- Selection Sort
- Insertion Sort
- Quick Sort
- Searching sekuensial
Function by Reference
- Pengertian dan sifat-sifat
STRUKTUR DATA
STRUKTUR DATA
Struktur data a/ Cara penyimpanan, Penyusunan & Pengaturan data didalam media penyimpanan komputer jadi dapat digunakaan secara Efisien.
2 aktivitas terhadap Objek data :
a. Mendeskripsikan kumpulan operasi sah yang diterapkan ke elemen-elemen objek data.
b. Menunjukan mekanisme kerja Operasi2
Tahap Pembuatan struktur data :
Tahap Pertama : Spesifikasi (Pendeskripsian) : apa yg dapat dilakukan struktur data yg melibatkan Logika -Spesi3ikasi dapat dilakukan dgn 2 cara, Formal & Informal.
Tahap Kedua : Implementasi : Menyatakan Penerapan struktur data yg telah ada. Implementasi berisi DEKLARASI struktur item2 data juga algoritma2 u/ Implementasi Operasi2 sehingga terjamin terpenuhinya Karakter Struktur data.
Tahap ketiga : Pemrograman : Pemrograman struktur data a/ Penerjemah menjadi pernyataan dibahasa Pemrograman.
Ciri-Ciri Algoritma :
a. Input (Masukan yg diberikan secara internal)
b. Output (Keluaran / Tampilan yg dihasilkan)
c. Definite (Menyatakan apa yg dilakukan)
d. Effective (Instruksi yg dilakukan secara Manual, dgn jumlah waktu yg berhingga)
e. Terminate (Berhenti setelah sejumlah Operasi)
LINKED LIST
-jujur Materi ini gak begitu ngerti-
Linked list a/ Struktur rangkaian elemen2 yg terkait melalui pointer
istilah :
Pointer : alamat Elemen
simpul : masing2 komponen
a. Bagian data / Medan informasi (Yang berisi informasi yg akan disimpan & diolah)
b. Link Field / Bagian Pointer / Medan penyambung (Menujuk kesimpul selanjutnya)
Simpul Dabu (Simpul Baru slalu diletakan sbg simpul pertama & simpul baru menyisip diatara ke-2 simpul yg sudah ada)
STACK
Stack a/ Kasus khusus Ordered List dgn penyimpanan & penghapusan disalah satu ujungnya, Stack lainnya disebut Pushdown List.
Stack memiliki sifat LIFO (Last In First Out).
Operasi dasar Stack :
a. Operasi Menciptakan S Sebagai Stack Koson (initS (S))
b. Operasi Menyisipkan elemen X ke stack S & mengembalikan Stack baru (Push (S,X))
c. Operasi Menghilangkan elemen puncak stack s, (Pop (s,x))
d. Operasi mengirim elemen puncak stack S, (topS (S,X))
e. Operasi Mengirim true jika S kosong, jika tidak kosong mengirim False (isEmptyS (S))
f. Operasi Mengirim jumlah elemen stack S (how manyInS (S))
Pengunaan Stack :
1. Simulasi Tumpukan didunia nyata (tumpukan Buku, Baju, Sate dll)
2. Pemanggilan Fungsi.
3. Implementasi Fungsi.
4. Penanganan Interupsi.
5. Evaluasi Ekspresi.
6. Konversi Infiks ke postfiks
7. Konvers Basis 10 kebasis 2.
0 komentar:
Posting Komentar